koren

Syarat Sah Terbentuknya Jaringan Komputer

Sebelum memberikan materi mengenai jaringan komputer, baik di perkuliahan ataupun dalam sesi pelatihan saya selalu bertanya kepada para peserta, apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? dan jawaban peserta pun beragam, yang pada intinya dapat diambil benang merahnya yakni interkoneksi antar komputer. Yang namanya antar komputer mustinya ya lebih dari 1 atau setidaknya 2 komputer yang berhubungan. Perlu kita ingat pula yang namanya komputer disini bukan hanya personal komputer, namun berbagai perangkat yang memiliki kemampuan komputasi lainnya seperti laptop, smartphone, dll. Dan perlu diingat juga komputer disini tak harus berwujud atau terkoneksi secara fisik, namun dapat pula secara logik.

Jika kita perhatikan dengan seksama, cukupkah interkoneksi antar komputer disebut jaringan komputer? apa saja syarat sah atau komponen yang harus ada untuk membentuk jaringan komputer?

Agar jaringan komputer dapat terbentuk setidaknya komponen berikut ini harus ada

  • Perangkat / Devices

Perangkat komputer tentunya harus ada jika kita ingin membentuk jaringan komputer. Perangkat ini dapat dikategorikan menjadi 2 jenis yakni perangkat “end devices” seperti pc, laptop, mobile phone, dll; dan perangkat yang bertugas menjadi penengah berbagai perangkat end devices atau yang disebut perangkat “intermediate devices”, contohnya router, switch, hub, dll.

  • Media Transmisi

Tanpa adanya media transmisi tentunya perangkat-perangkat yang kita punya tidak dapat terhubung. Umumnya media transmisi yang membentuk jaringan dapat dikategorikan menjadi 2 yakni kabel dan nirkabel. Â Coaxial, UTP, STP, dan Fiber Optic adalah contoh media yang umum digunakan dari banyaknya media kabel yang ada, sedangkan Wi-Fi, Bluetooth, Microwave adalah media yang umum digunakan pada media nirkabel.

  • Layanan / Services

Komponen yang tak kalah pentingnya adalah layanan / services apa yang ingin kita kirimkan atau dapatkan dari terbentuknya jaringan komputer. Percuma saja jika perangkat komputer kita sudah terkoneksi, namun tak ada layanan lewat disitu. Layanan yang kita miliki biasanya dapat dibagi menjadi kategori data/dokumen, suara, dan visual.

Video berikut ini cukup menarik untuk memahami dan memberi gambaran syarat sah terbentuknya jaringan komputer

Sebenarnya masih ada satu (1) komponen lainnya yang amat sangat penting dalam terbentuknya jaringan komputer, yakni peraturan dalam jaringan komputer atau dalam bahasa kerennya disebut  “network protocol“. Namun mengenai ini saya akan coba tulis pada artikel terpisah ya 😀

Semoga bermanfaat.
Salam,
Ardisragen


4 Comments

  • Adityo Abdi Nugroho

    September 12, 2014

    kayaknya ada yang kurang bro,
    addressing atau pengelamatan , tanpa alamat jaringan gak akan bisa terbentuk hehe CMIWW

    Reply
  • Sabbana Azmi

    January 13, 2015

    Boleh jadi virtual studentnya pak Master Ardi nggak ni, belajar jaringan… Aseek…

    Reply
  • wawan kurniadi

    April 15, 2015

    Mas Ardi , mau dong kembali belajar jaringan, masih ingin berkembang *virtual studentnya (sebelumnya ikut cisco academy ft-ui 2014-2015)…thanks.

    Reply
  • Pingback: Review : Jaringan Komputer | Oka Wibawa

Leave a Reply