Cerita Berbagi Jaringan di Universitas Muhammadiyah Purworejo

Akhirnya setelah berkomunikasi dan berdiskusi melalui YM dengan Pak Endro, Kepala Pusat Pelayanan TIKΓ‚ (PPTIK) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) , tepatnya Sabtu-Minggu, 3 – 4 Maret 2012 saya berkesempatan juga untuk ngobrol lebih lanjut mengenai jaringan di salah satu universitas yang berada di kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Bersama Pak Endro (Ka. PPTIK UMP)

Tujuan awal kehadiran saya disana sebenarnya untuk ngobrol mengenai sertifikasi Cisco CCNA mulai dari sistem dan cara ujiannya, syarat kelulusannya hingga tips n triknya, yang semuanya sudah saya tulis di artikel berjudul “Sertifikasi Cisco CCNA” , tapi mungkin biar lebih enak dan pede perlu dilakukan diskusi secara tatap muka. Pak Endro sendiri sebenarnya sudah pernah mengikuti pelatihan persiapan ujian Cisco CCNA di salah satu lembaga pelatihan di Jogja. Semoga makin pede dan segera ambil sertifikasi Cisco CCNA nya ya, biar nambah lagi jumlahnya di Indonesia.

Selain ngobrol tentang sertifikasi Cisco CCNA, ternyata ada agenda dadakan lain yakni saya diminta untuk sharing mengenai konsep dasar jaringan kepada beberapa staf PPTIK Universitas Muhammadiyah Purworejo, yang ternyata latar belakangnya bermacam-macam tidak hanya dari IT tapi juga dari bidang studi lain seperti Bahasa Inggris, maaf ya bapak-bapak materi sharingnya bikin pusing πŸ™‚ . Semoga materi singkat mengenai Sistem dan Perangkat Jaringan, Protokol Jaringan seperti HTTP, DNS, FTP, EMAIL, serta beberapa terminologi lainnya di jaringan komputer seperti Pengalamatan IP, Gateway, Perkabelan, Router, Switch, dan Hub bermanfaat ya πŸ™‚ . Semoga juga pekerjaan rumah PPTIK UMP demi peningkatan pelayanan TIK segera terselesaikan.

Staff PPTIK UMP

Selain ngobrol tentang jaringan , Pak Endro juga memaparkan mengenai sejarah berdirinya PPTIK UMP, ternyata masih sangat muda yakni baru berdiri tahun 2010. Meskipun masih terbilang masih muda, namun saya salut dengan layanan yang sudah dikembangkan yakni sudah adanya E-Learning, Forum, Sistem Informasi Akademik, Portal, Perpustakan Online Universitas Muhammadiyah Purworejo, ditambah lagi dengan tersedianya akses internet sebesar 3 Mbps yang dapat dipergunakan oleh civitas akademika UMP.Γ‚ Terdapat rencana pula sebentar lagi akan berdiri program studi Teknik Informatika, semoga segera terwujud ya.

Sekian cerita berbagi jaringan di UMP ini, semoga implementasi TIK di UMP khususnya jaringan makin OK , yang merupakan salah satu penunjang pengembangan insan perguruan tinggi demi kemajuan Indonesia, khususnya demi kemajuan Purworejo.


Leave a Reply