registrant-domain-media-online

Data Registrasi Domain Jadi Dasar Keakuratan Informasi Situs Online?

registrant-domain-media-onlineSemalam ada informasi yang menarik di sosial media bahwa ada yang menyatakan ciri lembaga pers/berita yang bertanggungjawab dan tidak adalah yang jelas registrant organizationnya dan jika tidak jelas berarti informasi yang diberikan dapat dikategorikan informasi yang dhaif. Sepintas pernyataan tersebut mungkin benar adanya, merasa penasaran akhirnya saya coba mengintip informasi registrasi domain saya melalui fasilitas whois, alhasil saya mendapati data registrasi domain http://ardisragen.net juga tidak jelas, mulai dari registrant name, street, organization, dan lain-lainnya. Maafkan saya ya kawan-kawan, dengan tidak jelasnya data registrasi domain saya dapat diartikan bahwa semua informasi yang ada di situs saya ini dapat dikategorikan dhaif.

whois-ardisragen

Kembali penasaran sama mencoba untuk mencari tahu data registrasi domain media berita Tempo yang katanya terkenal paling jujur, akurat investigasinya6, menjunjung tinggi prinsip jurnalisme. Dengan cara yang sama seperti yang saya lakukan di atas, ternyata saya mendapati hasil yang luar biasa, diluar dugaan. Data registrasi domain Tempo ternyata juga tidak jelas seperti data registrasi domain saya

whois-tempo

Saya masih sangat tidak percaya jika Tempo yang katanya begitu sangat dipercaya masyarakat, data registrasi domainnya tidak jelas sehingga dapat dikatakan informasi berita yang dimuatnya bersifat dhaif. Untuk itu saya coba cari informasi lebih lanjut, apa sih yang dimaksud dengan data registrasi domain dan fungsinya buat apa. Alhamdulilah, The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) memberikan informasi ini dengan jelas, yang dapat diakses di ICANN Registering Domain Name. Secara singkat ICANN memberikan keterangan bahwa data registrasi domain adalah untuk kebutuhan teknis dan antisipasi jika ada permasalahan seperti abuse dll, pengisian data tersebut juga dapat diwakilkan oleh pihak ketiga dalam hal ini pihak webhosting, service provider, atau organisasi proteksi privasi. Dengan membaca keterangan ICANN tersebut, terlalu sederhana dan cepat jika kita menyimpulkan bahwa data registrasi domain dapat menjadi dasar keakuratan suatu isi, informasi, dan berita pada sebuah situs online.


Leave a Reply