nonaktif-wifi-id

Akhirnya SSID Speedy Instan – WiFi ID hilang juga…

Ketika berlangganan paket internet ADSL Telkom Speedy, tentunya kita diberikan modem plus wireless routernya secara “cuma-cuma” oleh pihak Telkom melalui teknisi mitranya yang melakukan instalasi dan pemasangan jaringan. Usut punya usut ternyata pemberian modem tersebut saat ini tak sekedar “cuma-cuma”, tapi Telkom mengembangkan bisnisnya dengan menumpangkan tambahan selain wireless SSID utama yang dapat kita gunakan, yakni SSID Speedy Instan – WiFI ID dan Flashzone Seamless. Penumpangan secara sepihak dan tanpa persetujuan. Mengapa saya sebut demikian, karena kita sebagai pelanggan diberikan akun default admin, yang ternyata hak pengaturannya terbatas, termasuk tidak dapat merubah atau bahkan menghilangkan SSID tumpangan gelap Telkom tersebut.

Ternyata eh ternyata, terdapat akun superuser yang kita sebagai pelanggan tidak diberitahu username untuk mengaksesnya, ini ibarat ada bom dirumah kita ditaruh orang lain, tapi kita ga bisa melakukan apa-apa untuk merubah atau mematikannya. Mengenai username dan password akun superuser ini monggo teman-teman silahkan googling saja sesuai dengan tipe modem yang digunakan, sudah terdapat beberapa postingan informasi mengenai hal ini. Setelah mendapatkan akun superuser ini kita dapat masuk ke dalam modem dengan mengakses alamat gateway yang sudah disetting (default 192.168.1.254) –> Basic Setting –> WLAN —> SSID Index (SSID 2/3) –> uncheck enable pada SSID yang ingin kita nonaktifkan.

nonaktif-wifi-id
Menghapus atau Menonaktifkan Speedy Instan / WIFI-ID

Jika kita peduli akan keamanan interkoneksi akses keluar modem kita, coba kita perhatikan dibagian Basic Setting –> WAN, terdapat setidaknya 4 (empat) koneksi tunnel WAN yang tersedia, teman-teman dapat uncheck/nonaktifkan koneksi WAN yang tidak diperlukan.

nonaktif-wan-speedy
Menonaktifkan akses WAN yang tidak diperlukan pada modem Telkom Speedy

Hal yang terakhir kita perlu perhatikan adalah, ubah password default akun superuser yang telah kita ketahui, karena username dan password akun superuser tentunya tidak hanya diketahui oleh anda, tapi oleh pihak Telkom dan orang-orang lainnya di internet 😀

Semoga bermanfaat :D,

Ardisragen


One Comments

  • Damar Pramudito Nurjati

    February 18, 2018

    Apakah SSID @wifi.id ini memperlambat koneksi internet Reguler di rumah? Kebetulan di tempat saya pasang indiHome dan terdapat SSID tersebut, tapi lucunya SSID @wifi.id ini juga di poteksi password 😀

    Reply

Leave a Reply